Selasa, 10 April 2018

Apa itu NTP (Network Time Protocol)



 Image result for ntp


A. Pendahuluan
     Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Apa itu NTP?

Pengertian
     Network Time Protocol (NTP) adalah protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui jaringan data packet-switched, variabel-latensi.
Dalam operasi sejak sebelum 1985,NTP adalah salah satu protocol internet tertua yang digunakan saat ini. NTP dirancang oleh David L. Milis dari University of Delaware.

NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer yang berpartisipasi ke dalam beberapa milidetik dari Coordinated Universal Time (UTC). Ini menggunakan algoritma persimpangan, versi modifikasi dari algoritma Marzullo, untuk memilih server waktu yang akurat dan dirancang untuk mengurangi efek dari latensi jaringan variabel. NTP biasanya dapat mempertahankan waktu hingga puluhan milidetik melalui internet publik, dan dapat mencapai lebih dari satu milidetik akurasi dalam jaringan area lokal dalam kondisi yang ideal.

NTP (Network Time Protocol) berfungsi untuk menyinkronkan waktu client dengan server supaya waktu atau jam dapat sama persis. NTP berjalan pada protokol UDP yang bersifat ringan dan unriliable. NTP Server sangat berperan penting jika jumlah komputer sudah melampaui batas, agar semua waktu berjalan serentak pada setiap komputer.


Cara Kerja NTP Server
1). Antar komputer server dan komputer client akan berkomunikasi yaitu pada bagian FTP Client dan FTP Server, kemudian pada bagian Client akan diberikan username dan password untuk mengakses folder FTP, kecuali jika server sudah mengatur anonymouse FTP dari sisi server.

2). NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo dengan menggunakan refernsi skala waktu UTC. Sebuah jaringan NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti radio clock atau atomic clock yang terhubung dengan sebuah time server. Komputer ini disebut juga stratum 1. Kemudian jaringan NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu akurat ini kedalam jaringan lain dnegan protokol NTP yang disebut stratum 2. Komputer dalam jaringan tersebut dapat menyinkronkan jaringan lain yang disebut stratum 3 dan seterusnya sampai stratum 16.


Kesimpulan.
   NTP adalah sebuah server yang menyinkronkan waktunya terhadap sumber waktu akurat dan mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.


Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar