Rabu, 04 April 2018

Apa itu Server?

 Image result for server


A. Pendahuluan
     Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Apa itu Server.

1. Pengertian
     Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server di dukung dengan processor yang bersifat scalable dan RAM yang besar dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.


2. Latar Belakang
Ingin lebih memahami pengertian serta jenis jenis server.

3. Maksud dan tujuan
Agar lebih paham tentang server.

B. Alat dan bahan
- Laptop
- Koneksi Internet

C. Jangka waktu pelaksanaan 
Tergantung pemahaman pembaca.

D. Uraian Kegiatan
 Apa itu server? Server adalah sebuah sistem komputer yang ditugaskan untuk memberikan layanan, membatasi dan juga mengontrol akses pada setiap kliennya yang terhubung pada jaringan komputer yang ada. Biasanya komputer yang bertindak sebagai server ini menyediakan sumber daya yang dapat digunakan untuk komputer lain yang bertindak sebagai komputer client.
Sebuah kompuer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi karena server mempunyai banyak sumber daya dan harus bekerja yang optimal khususnya dari aspek software maupun hardware yang digunakan.

a). Fungsi Server
Secara umum, server memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya sebagai berikut :
1. Melakukan penyimpanan file yang secara bersama diguankan pada hardisk.
2. Mengatur percetakan pada printer yang digunakan.
3. Mengelola komunikasi antar workstation seperti mengatur pesan, email dan lain sebagainya.
4. Server bisa digunakan utuk berbagai keperluan mengirim data, biasanya dengan tambahan software maupun hardware yang digunakan.
5. Melayani permintaan komputer client.
6. Menyediakan sumber daya untuk client.
7. Mengatur lalu lintas data
8. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client membuka akses data yang disimpan di komputer server.
9. Menyediakan database atau aplikasi yang dapat dijalankan di semua komputer.
10. Melindungi komputer client dari virus atau bahaya lainnya dengan memasang firewall atau anti malware di komputer.


b). Jenis-jenis server
Selain itu pada komputer serevr juga terdapat sebuah sistem operasi khusus yang disebut dengan "Network Operating System" jenis server diantaranya sebagai berikut :
1. Web Server
Apa itu web server? Web server adalah sebuah perngkat lunak (software) yang di pasang pada server yang berfungsi untuk menyediakan layanana perrmintaan data dengan protocol Hypertext Transfer Protocol Secure (https) atau Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang dapat diakses dengan menggunakan browser.

2. FTP Server
Apa itu FTP Server? FTP Server adalah suatu Server yang menjalankan software untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut akan selalu siap memberikan layanan FTP apabila ada permintaan dari FTP Client.

3. Fax Server
Apa itu Fax Server? Fax Server adalah suatu solusi yang menggunakan server sebagai tempat penerimaan atau pengiriman fax.
Dan karena server tersambung ke semua jaringan, sehingga dengan demikian semua client yang tersambung dalam jaringan bisa menggunakan fax tersebut cukup dari komputernya masing-masing.

4. Proxy server
Membatasi permintaan data, kinerja koneksi, dan berbagi file antar server dan client di luar jaringan. Selain itu, proxy server ini juga berfungsi sebagai gerbang anatara jaringan lokal dan jaringan luar (internet).

5. Mail Server
Menyimpan berbagai macam surat elektronik, menangani berbagai permintaan klient.
6. Aplikasi server
Mengolah perintahyang diberikan oleh kilent dan menghubungkannya dengan database.

7. File Server
File server dapat diartikan sebagi sebuah komputer yang berfungsi untuk menampung sejumlah data yang dimiliki oleh client yang bersangkutan.

8. DNS Server
DNS Server merupakan Distribute Database System yang digunakan untuk pencarian nama komputer di rangkaian yang menggunakan TCP/IP.


E. Kesimpulan
Server merupakan salah satu contoh menjalankan perangkat lunak yang mampu menerima perintah dari klient, komputer yang mengeksekusi perangkat lunak.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar