Kamis, 05 April 2018

Pengertian Sistem Operasi Debian



 Image result for debian



A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang pengertian Sistem Operasi Debian

Pengertian
    Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU (General Public License) dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan Kernel Linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian di distribusikan dengan akses ke repository dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
Sistem operasi Debian merupakan gabungan dariperangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya.


Apa Itu GNU/Linux?
GNU/Linux merupakan suatu kesatuan software yang saling terintegrasi membentuk sebuah sistem operasi yang cukup handal dan stabil. GNU/Linux merupakan sistem operasi multitasking, dan seklaigus multiuser. Disebut multitasking karena GNU/Linux dapat mengatur sharing CPU dari tugas-tugas yang sedang dieksekusi. Setiap tugas (task) mendapatkan sumber daya perangkat keras yang sama. GNU/Linu harus dapat memproses setiap tugas (task) dalam waktu yang sangat singkat.


Kelebihan Debian
1. Paket Debian dikenal super-stabil yang artinya bukan merupakan paket "state of the art"
2. Sistem pemeliharaan paket berbasis program "APT" yang canggih
3. Sistem hanya di reboot setelah mengganti kernel, mati listrik, atau pergantian perangkat keras. Berbeda dengan system operasi windows pada saat update system harus di reboot terlebih dahulu.
4. Free Software, artinya dapat mengambil/menyalin source program Linux tanpa dikenai biaya dan dapat memperbanyak, memodifikasi serta menyebarluaskan secara bebas.
5. Open Source, artinya semua listing program dari source code sistem operasi tersebut dapat dilihat dan dimodifikasi tanpa adanya larangan dari siapapun.
6. Debian Linux merupakan sistem operasi cross platform yang dapat dijalankan hampir pada semua jenis /tipe komputer yang ada saat ini.


Kekurangan Debian
1. Siklus pengembangan distro sangat konservatif/lambat.
2. Para pengembang tidak mengenal istilah "dead line" sehingga jangka waktu antar rilis dapat bertahun-tahun.
3. Versi software yang dipakai debian biasanya lebih tua dari yang suadh dirilis saat ini.
4. Sangat sulit memasukkan software versi terbaru ke dalam distronya, sebelum benar-benar teruji dari sisi keamanannya ataupun kestabilannya.

 

Beberapa distro turunan debian GNU/Linux
1. Demo Linux
Merupakan distro GNU/Linux yang dapat dijalankan tanpa instalasi ataupun partisi harddisk
2. Gibraltar
Merupakan distro yang khusus diperuntukkan untuk firewall/router.
3. Knop pix
Distro ini salah satu distro yang banyak digunakan oleh pengguna GNU/Linux karena kemudahan dalam pemakaiannya serta tidak perlu melakukan instalasi. Selain itu, dengan distro ini anda dapat meng-hardisk kan knoppix. Dukungan hardware juga sangat lengkap sehingga distro ini sangat bagus untuk digunakan.
4. Libranet
Distro ini memaketkan paketnya dengan kemudahanyang diberikan dalam hal instalasi.
5. Linex
Distro Linex dikembangkan oleh "the regional goverment of Extramadura (spain)" dengan tujuan untuk memigrasikan seluruh operation system. Distro ini khusus ditujukan untuk keperluan perkantoran, dan bisnis.
6. Stromix
Para pengembang distro Stromix mengklaim distro buatannya sebagai distribusi GNU/Linux yang sangat stabil dan aman.

 

Rilis DebianGNU/Linux
Nama Rilis Debian GNU/Linux diambil dari "toy dtory movies" seperti Bo, Hamm, Slink, Potato, Woody, Sid, Sarge. Sedangkan untuk status kestabilan paketnya terbagi atas versi stable, frozen, testing, unstable.
Rilis unstable diperuntukkan bagi paket-paket baru dan update-an paket lama. Sedangkan penggunaan paket terbaru dan tidak mengandung resiko dapat menggunakan rilis paket testing.

Waktu pengujian dan rilis unstable hingga mencapai testing dibutuhkan waktu sekitar beberapa minggu. Rilis paket froxen merupakan tahapan dimana paket-paket software yang telah melewati rilis testing akan digabungkan ke dalam distro Debian GNU/Linux untuk diuji kinerja paket softwarenya dan memastikan tidak adanya bug pada paket software tersebut.

Tahap selanjutnya adalah rilis paket stable dimana waktu pengujian rilis ini membutuhkan waktu sekitar 8 bulan atau lebih 

 

Kesimpulan
Debian merupakan sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU (General Public License) dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.


Referensi dan daftar pustaka
Ebook TKJ buku Debian


Sekian, wassalamu'alakum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar