Jumat, 16 Maret 2018

Penerapan Ubiquiti dalam Jaringan






A. Pendahuluan
     Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Penerapan Ubiquiti dalam Jaringan.

1. Pengertian
     Ubiquiti merupakan sebuah perangkat atau alat jaringan yang pada dasarnya merupakan sebuah antenaa pemancar wireless/tanpa kabel yang mampu memancarkan sinyal hingga tembus sekitar 15 kilometer jauhnya.

2. Latar Belakang
     Pada dasarnya Ubiquiti merupakan sebuah merk buka nama sebutan atau bukan nama dari perangkat ini, anntena ini sebenarnya adalah antenna nanostation,namun karena perusahaan yang terkenal memproduksi alat jaringan berupa antenna pemancar nanostatioon adalah ubiquiti, maka sering kali orang menyebut antenna nanostation ini dengan sebutan ubiquiti..

3. Maksud dan tujuan
     Memahami tentang penerapan Ubiquiti dalam jaringan.

B. Uraian kegiatan
     Ubiquiti nanostation dibekai dengan tiga kemampuan, dimana tiga kemampuan tersebut adalah sebagai access point, client atau station dan yang terakhir adalah repeater. Untuk menggunakan perangkat Ubiquiti nanostation ini membutuhkan minimal dua perangkat Ubiquiti Nanostation, dimana satu perangkat bertindak sebagai access point atau sebagai pemancar, dan satu perangkat bertindak sebagai client atau station dimana client atau station ini sebagai penerima sinyal yang dipancarkan oleh Ubiquiti yang bertindak sebagai access point.






Pada gambar diatas telah melihat bahwa sebuah perangkat antena Nanostation Ubiquiti A bertindak sebagai Access pooint yang memancarkan sinyall dari lokasi A, dan kemudian pada lokasi B ada perangkat Ubiquiti B yang bertindak sebagai client atau station yang bertugas menerima sinyall yang dipancarkan oleh Ubiquiti B.


Selanjutnya sinyak yang diterima oleh Ubiquiti B ini dapat diairkan ke perangkat switch dengan menggunakan kabell UTP untuk kemudian dapat disambungkan ke perangkat lain seperti PC Client, Access Pooint untuk jaringan wifi dan lain sebagainya.






Pada gambar diatas dapat mengetahui dimana lokasi A adalah kantor utama  dimana pusat jaringan berada yang ditandai dengan adanya modem sebagai jaringan pusat koneksi internet berada. Kemudian, jaringan internet dari modem dialirkan atau disambungkan ke sebuah switch/hub dan kemudian dari switch atau hub tersebut ditarik atau dipasang kabel UTP ke PC atau komputer dan juga ke perangkat Ubiquiti Nanostation M2 yang telah disetting atau diatur sebagai Access Point untuk menghantarkan atau memancarkan sinyall ke Ubiquiti lain Client).
Selanjutnya pada lokasi B adalah kantor kedua dimana pada kantor kedua ini ingin mendapatkan akses internet dari Modem yang berada pada lokasi A. Oleh karena itu admin memasang Ubiquiti kedua pada lokasi B dan mengatur Ubiquiti pada lokasi B sebagi Client atau station yang bertugas untuk menerima atau menangkap sinyal yang dipancarkan ooleh Ubiquiti A.
Kemudian dari Ubiquiti B ditarik kabel UTP atau kabel LAN ke sebuah switch, kemudian dari switch dipasang juga kebll kke perangkat lain seperti PC, router access point untuk memancarkan sinyal wifi ke laptop.


C. Kesimpulan

Ubiquiti merupakan sebuah alat atau antena omni yang berguna untuk memancarkan sinyal radio yang memiliki jangkauan yang cukup jauh sekitar 15 kilometer ke lokasi lainnya. Dengan menggunakan perangkat Ubiquiti nanostation ini kita dapat menghubungkan koneksi internet sebuah jaringan ke tempat atau lokasi lain yang mungkin tidak dapat dijangkau jika menggunakan kabel UTP.


Referensi dan daftar pustaka :
https://www.tutorialengkap.com/2018/01/pengertian-dan-cara-penerapan-ubiquiti.html

Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar