Sabtu, 10 Maret 2018

Konsep dasar VPN



 Image result for vpn virtual private network




 A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang konsep dasar VPN

 Pengertian
VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar nodenya memanfaatkn jaringan public (Internet/WAN) karena mungkin dalam kondisi atau kasus tertentu tidak memungkinkan untuk membangun infrastruktur jaringan sendiri.
Interkoneksi antar node seperti memiliki jaringan yang independen yang sebenarnya dibuatkan konkesi atau jalur yang khusus melewati jaringan public.
Pada implementasinya biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure melalui jaringan internet, tetapi VPN tidak harus menggunakan standard keamanan yang baku seperti Autentikasi dn enkripsi.
Salah satu contohnya adalah penggunaan VPN untuk akses network dengan tingkat yang tinggi di system reservasi ticket.

VPN Type
1. VPN Bisa diimplementasikan diberbagai type network :
  •  Routed Network, VPN yang dilakukan di network yang sudah melewati multi hop router atau melewati internet. Contohnya adalah network PPTP.
  • Bridge Network, VPN yang diimplementasikan di network yang masih satu switch (satu network bridge). Contohnya dalah menggunakan PPPoE.

1.Protokol Tunneling Point-to-Point (PPTP) adalah metode usang untuk mengimplementasikan jaringan pribadi virtual, dengan banyak masalah keamanan yang diketahui. PPTP menggunakan saluran kontrol TCP dan terowongan Routing Enkapsulasi Generik untuk merangkum paket PPP.

  • Penggunaan PPTP Tunnel:
- Koneksi antar router over internet yang bersifat secure.
- Untuk menghubungkan jaringan local over WAN.- Untuk digunakan sebgi mobile client atau remote client yang ingin melakukan akses ke network local (intranet) sebuah perusahaan.
  • Sebuah koneksi PPTP terdiri dari server dan client
  • Mikrotik routerOS bisa berfungsi ssebagai PPTP server maupun PPTP client atau gabungan dari keduanya.
  • Koneksi PPTP menggunakan TCP port 1723 dan IP protocol 47/GRE.
  • Fungsi PPTP client sudah tersedia atau termasuk dalam sebagian besar sistem operasi.


2. Protokol Point-to-Point over Ethernet (PPPoE) adalah protokol jaringan untuk mengenkapsulasi frame PPP di dalam frame Ethernet.
  • Penggunaan PPPoE Tunnel :
- Koneksi antar client dan router yang bersifat secure.
- Untuk digunakan sebagai koneksi internet bersifat secure di jaringan local (LAN).
  • Sebuah koneksi PPPoE terdiri dari Server dan client.
Mikrotik RouterOS bisa berfungsi sebagai PPPoE server maupun PPPoE Client atau gabungan dari keduanya.
  • Koneksi PPPoE menggunakan Ethernet frame sebagai protocol transportnya.
  • Fungsi PPPoE client sudah tersedia atau termasuk dalam sebagian sistem operasi.

Keuntungan penggunaan koneksi dengan VPN :
1.Remote Access, dengan menggunakan koneksi VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama kita terhubung ke internet.
2. Security, dengan adanya koneksi dengan menggunakan VPN kita dapat berselancar dengan aman saat menggunakan akses internet publik sperti wifi hotspot atau internet cafe.
3. Menghemat biaya, setup jaringan, VPN bisa digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jringan lokal yang luas dengan penggunaan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi koneksi VPN menggunakan media jaringan public yang telah ada tanpa harus membangun jaringan pribadi.

Kekurangan penggunaan koneksi VPN :
1. Koneksi Internet (jaringan publik) yang tidak dapat kita prediksi. Dengan hal yang dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita cuma numpang koneksi pada satu jaringan pihak lain atau pihak ketiga maka otomatis kita tidak mempunyai kontrol penuh terhadap jaringan tersebut.
2. Perhatian lebih terhadap security. Karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita harus perhatian untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, contohnya seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan koneksi VPN.

Kesimpulan
VPN Merupakan kumpulan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan aturan (protocol) tertentu.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar