Jumat, 30 Maret 2018

Pengertian Mikrotik || Trainning MTCNA Capther 1

 Image result for training mtcna chapter 1




A. Pendahuluan
     Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Trainning MTCNA Capther 1 yang disampaikan oleh Bapak Ziad Sobri.

1. Pengertian
     Mikrotik RouterOS merupakan sistem operasi yang di peruntukkan sebagai network router. Mikrotik RouterOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless.

Di capther ke 1 ini juga dijelaskan macam macam produk dari Router, bisa klik disini


1. Langkah mengamankan Routerboard

1. Ganti username dan password router mikrotik
Sudah bukan rahasia lagi kalau Router Mikrotik mempunyai Username dan Password bawaan pabrik yaitu Username : Admin dan password (blank). Sebaiknya Username Password default tersebut kita disable, dihapus atau kita ubah, agar tidak digunakan orang lain. Berikut cara nya


1.  Pertama masuk ke winbox dan connect an
2. Masuk ke menu System>Identity








3. Untuk menambahkan password masuk ke menu System>Users










Kenapa pada grub dipilih Full? Karena full merupakan jenis grub yang bisa melakukan konfigurasi apapun, baik menghapus ataupun menambahkan, mendapatkan akses full ke router tanpa batasan.

Cara yang kedua untuk mengamankan Router adalah dengan cara Ubah atau matikan service yang tidak diperlukan.

Service di Router Mikrotik kita secara default sudah terbuka, jadi kita harus mengantisipasi beberapa service yang kita gunakan untuk melakukan remote ke router. Caranya kita bisa menonaktifkan service tersebut, mengubah port defaultnya atau membatasi hanya beberapa ip address saja yang boleh akses menggunakan port tersebut, Pengaturan ini dapat dilakukan pada menu IP>Service 







2. Netinstall adalah program yang berjalan pada komputer windows yang memungkinkan anda untuk menginstall Mikrotik RouterOS ke PC atau ke Routerboard melalui jaringn ethernet. Netinstall juga digunakan untuk menginstall ulang RouterOS dalam kasus dimna instalasi sebelumnya gagal, menjadi rusak atau password akses hilang.


B. Kesimpulan
Jadi pada capther pertama ini menjelaskan tentang pengertian dasar Mikrotik.

Berikut foto Trainning MTCNA















Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar