Senin, 19 Maret 2018

Langkah Setting Nanostation Ubiquiti


A. Pendahuluan
     Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Langkah Setting Nanostation Ubiquiti.

1. Pengertian
    Ubiquiti adalah salah satu perangkat yang biasanya digunakan pada jaringan di bawah server, jadi setiap pembangunan tower atau tiang di indonesia terkadang menggunakan Ubiquiti.

2. Latar Belakang
    Sharing pengalaman saat saya dan teman-teman saya menyetting Ubiquiti.

3. Maksud dan tujuan
    Agar bisa menyetting nanostation ubiquiti.

B. Alat dan bahan
- 2 Ubiquiti Device
- Kabel LAN
- Laptop
- PoE Ubiquiti

C. Jangka waktu pelaksanaan 
    Sekitar 45 menit + pembahasan
 

D. Uraian Kegiatan
1. Pertama buat Network nya (UBNT) dengan address 192.168.1.3 , netmask /24 , gateway 192.168.1.20. kenapa dibuat gateway 192.168.1.20? karena itu merupakan gateway defaultnya ubiquiti.

2. Selanjutnya masuk ke browser dengan IP yang di buat tadi. Lalu isi Username dan Password untuk login, isi seperti gambar di bawah ini.




3. Setelah itu masuk ke menu System, DEvice namenya AP karena ini akan di setting menjadi access point. Waktu nya jangan lupa di atur sesuai daerahnya masing-masing dan disini saya setting di Jakarta. Enable nya di centang, lalu tanggal nya juga diisi sesuai tanggal kalian menyetting.




4. Lalu masuk ke menu Wireless, mode nya di isi Access Point, karena pertama jita akan menyetting sebagai Access Point (AP), Enable di centang, SSID diisi terserah nama untuk wifi yang akan di buat, dan frequensi nya di atur agar tidak bertabrakan dnegan channel yang lain.Security diganti WPA2-AES. Password nya di isi untuk wifi.







5. Selanjutnya masuk ke Logo untuk mencentang Enable dan untuk mengisi Air View Portnya menjadi 12121 di Change lalu Apply.




Penyettingan untuk mode Access Point sudah selesai, selanjutnya kita ganti setting untuk mode Station.

1. Masuk ke browser seperti yang awal tadi masukkan IP 192.168.1.20 lalu login seperti settingan yang awal.




2. Setelah itu masuk ke menu System, Device Name nya st karena ini akan di setting mode Station. Waktu dan tanggal nya jangan lupa diatur seperti yang awal tadi.



 3. Selanjutnya masuk ke Network untuk mengubah IP nya agar tidak bertabrakan dengan IP yang sudah di setting di AP, buat IP menjadi 192.168.1.25.





4. Masuk ke browser dan ketikkan IP 192.168.1.25 untuk memulai menyetting Station nya.




5. Lalu masuk ke menu Wireless, mode nya diganti Station karena akan di setting menjadi Client. SSID nya di select dan cari wifi yang sudah di setting di AP tadi. Setelah itu masukkan password sesuia yang sudah di setting di mode AP.




6. Masuk ke Logo, lalu Air View Port nya diubah sesuai yang di AP tadi yaitu 12121, airMAX priority nya diubah menjadi High lalu Change dan Apply.




7. Terakhir coba buka web browser, buka Google kalu sudah berhasil berarti laptop sudah terkoneksi ke internet.




E. Kesimpulan
    Pelajari dan pahami terlebih dahulu jika mau menyetting Ubiquiti.


Referensi dan daftar pustaka :
Di bimbing langsung sama teman saya yang sudah paham dan bisa menyetting Ubiquiti.


Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar