Sabtu, 24 Maret 2018

Macam-Macam Web Hosting


 Image result for macam macam web hosting




A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menlis tentang Macam-Macam Web Hosting

Pengertian
Hosting adalah sebagai layanana untuk menyimpan file di sebuah tempat di internet, sehingga file tersebut bisa diakses melalui jaringan internet tanpa terikat dengan tempat dan waktu. Data yang ada di dalam hosting ini berupa video, audio, dokumen dan juga foto.


Jenis-jenis web hosting
1. Free Hosting/Web Hosting Gratis
Anda akan dengan mudah mencari layanan web hosting dan domain gratis ini di internet dengan menggunakan fasilitas search engine seperti google atau yang lainnya. Biasanya penyedia web hosting tidak mengenakan biaya atau mmberikan tarif gratis sebagai sebuah promosi dari layanan hosting mereka yang berbayar. Jika anda ingin berpindah dan menggunakan fasilitas yang penuh, anda pun dapat dengan mudah melakukan upgrade.

2. Web Hosting berbagi atau Shared Hosting
Jenis hosting ini merupakan jenis hosting yang paling sering digunakan bahkan di seluruh dunia. Mengapa? Karena salah satu macam-macam jenis server hosting di dunia komputer ini bukan hanya murah, namun juga memiliki layanan yang dapat mencukupi segala kebutuhan pelanggan dari bisnis kecil sampai dengan bisnis menengah dan ini tergantung dengan jenis website. Biasanya, untuk menggunakan layanan web hosting ini anda hanya perlu untuk mengeluarkan biaya sebesar 100 hingga 200ribu untuk mendapatkan ruang sebesar 2 GB - 7,5 GB dengan bandwidth unlimited.

3. VPS Web Hosting
Salah satu dari pengertian dan macam-macam server di dunia komputer yang ketiga adalah VPS WEb Hosting. Layanan ini sangat sesuai khususnya bagi anda yang memiliki sius atau website dnegan traffic yang banyak setiap saat. VPS Web Hosting merupakan jalan tengah yang terbsik jika shared hosting sudah tidak dapat menghandle dan jika dedicated server terlalu mahal untuk anda. VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Jadi disini anda dapat seperti memiliki server sendiri untuk situs anda. Dengan server ini, anda akan memiliki control yang lebih dalam seperti Dedicated Server.

4. Dedicated Web Hosting
Dedicated Web Hosting atau Dedicated Server adalah sebuah layanan yang paling diinginkan oleh para webmaster. Hal ini karena server ini memiliki kemampuan yang paling baik untuk melakukan handle terhadap traffic yang sangat banyak dan memiliki banyak fitur premium di dalamnya. Selain itu, anda pun memiliki control yang penuh terhadap server ini walaupun anda hanya menyewanya.

5. Managed Web Hosting
Managed Web Hosting/Web Hosting Terkelola ini adalah web hosting yang di khususkan untuk situs dengan Platform yang sama. Seperti misalnya Managed Wordpress Hosting maka web hosting tersebut hanya di khususkan untuk situs-situs yang dibuat dengan Wordpress saja. Managed web hosting biasanya lebih aman, kinerjanya lebih optimal, dan penyedianya punya orang-orang yang benar-benar paham dengan platform yang dipakai, jadi masalah kita lebih mungkin ditangani oleh orang yang benar. Selain itu, kita juga akan lebih mudah melakukan beragam pengaturan, mulai dari installasi Wordpress itu sendiri, sampai setting macam-macamnya.

6. Colocation Hosting
Colocation Hosting merupakan layanan web hosting yang paling mahal.Karena disini perusahaan penyedia layanan hanya menyediakan tempat dan sarana pendukung saja, sedangkan pelanggan akan menyediakan server mereka sendiri untuk bisa beroperasi. Layanan web hosting jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang besar yang mempunyai trafik yang sangat tinggi.


Kesimpulan
Bisa tau macam-macam web hosting.

Referensi dan daftar pustaka :
http://www.teorikomputer.com/2016/04/macam-macam-web-hosting.html
http://blog.dimensidata.com/pengertian-lengkap-dan-macam-tipe-jenis-web-hosting/

Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar