Kamis, 22 Maret 2018

Perbedaan Bandwidth dan Throughput






A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kai ini akan menulis tentang Perbedaan Bandwidth dengan Throughput.

1. Pengertian
A. Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya infoormasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital.

Satuan yang digunakan untuk Bandwidth adalah bps bit per second. Satuan ini berarti jumlah bit yang dapat mengalir tiap detik mellalui suatu media. Seperti yang kita ketahui hanya terdiri dari dua angka yaitu 0 dan 1.
Konsep bandwidth juga bergantung pada media dan jarak yang digunakan untuk mengalirkan data dalam jaringan.
Konsep bandwidth ini tentu saja mempunyai kelemahan, bandwidth tidak dapat menghitung berdasarkan kondisi jaringan yang sebenarnya.


Bandwidth dibagi menjadi dua bagian yaitu :
1. Bandwidth Digital, adalah jumlah atau volume suatu data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
2. Bandwidth Analog, adalah perbedaan
antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur menggunakan satuan Hz yang bisa medillewatkan.nentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam waktu tertentu.

Sebagai contoh, server yang terhubung melalui kabel telepon menghubungkan dengan moodem ke internet service provider isp dengan bandwidth 80 kbps. Artinya semakin lebar bandwidth yang ada tentu akan semakin besar data yang

B. Throughput adalah bandwidth yang sebenarnya yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu.

Seperti yang diulas diatas, bandwidth adallah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik sedangkan throughput walaupun satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih menggambarkan tentang bandwidth yang sebenarnya pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu fille dengan ukuran tertentu.


Faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput :
1. Piranti jaringan
2. Tipe data yang di transfer
3. Topoloogi jaringan
4. Banyaknya pengguna jaringan
5. Spesifikasi komputer client/user
6. Spesifikasi koomputer server
7. Media transfer, dll.

Perbedaan Bandwidth dan Throoughput berdasarkan contoh
Bandwidth, mengirimkan pesan dari satu HP ke HP lain
Throughput, Download file di youtube dengan size 2Mb dengan bandwidth 1Mb dengan waktu tertentu.

B. Kesimpulan
Bandwidth adalah banyaknya ukuran suatu data atau informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam sebuah network di waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun data digital dan Throughput adalah bandwidth yang sebenarnya yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu.


Referensi dan daftar pustaka :
http://mata-cyber.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-perbedaan-bandwidth-dan-throughtput.html

Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar