Kamis, 15 Maret 2018

Pengertian Access Point









A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kai ini akan menulis tentang Pengertian Access Point.

1. Pengertian
Access Point merupakan sebuah perangkat dalam jaringan komputer yang dapat menciptakan jaringan lokal nirkabel atau WLAN. Access Point akan diubungkan dengan router atau hub atau switch melalui kabel Ethernet dan memancarkan sinyal wifi di area tertentu. Untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal yang telahg di konfigurasi tersebut, perangkat harus melalui access point.


Fungsi access point
Secara umum fungsi access point adalah sebagai perantara lalu lintas data dari client (perangkat yang terhubung) dnegan jaringan lokal ynag telah dibuat(wifi, wireless, dll)
1. Sebagai penyebar sinyal internet melalui gelombang radio kepada perangkat yang terhubung dengan access point.
2. Sebagai penghubung antara jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel (wifi, wireless, bluetooth).
3 Sebagai alat untuk mengatur IP Address secara otomaatis terhadap perangkat yang terhubung ke access point, fungsi mirip dengan fungsi DHCP.
4. Sebagai pengaman dengan menerapkan fitur keamanan WEP atau WAP yang biasanya disebut Key-Autenthication (akses wifi dengan password tertentu).

Cara kerja access point
Access point merupakan gerbang penghubung perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Access point bekerja dengan menyediakan konkesi antar jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh wifi dengan jalur data elektrik yang dibentuk oleh kabel Ethernet.








Ketika terdapat perangkat client yang mencoba mengakses jaringan access point, access point akan menentukan untuk mengijinkan atau tidak mengijinkan perangkat tersebut untuk terhubung dengan jaringan. Untuk melakukan hal iniu, access point akan menjalankan fitur kontrol pengaksesan yang dimilikinya. Kemudian fitur keamanan access point akan bekerja.

Access Point akan mengenkripsi sandi, memeriksa kecocokan sandi pada access point dengan sandi yang diberikan perangkat. Perangkat tersebut akan diijinkan terhubung dnegan jaringan jika sandi yang diberikan cocok. Selanjutnya access point akan berfungsi sebagai DHCP yang memberikan alamat IP untuk perangkat tersebut. Misalkan anda mencoba mengakses internet melalui jaringan wireless disebuah cafe, maka sirkuit jaringan nirkabel pada perangkat mobile anda akan mengoneksikan diri dengan access point pada cafe tersebut.





Setelah terkoneksi dengan access point, jendela browser yang kita buka akan  menampilkan laman berisi permintaan untuk memasukkan kata sandi agar anda bisa terhubung dengan jaringan, jika kata sandi yang anda masukkan tepat, access point akan mengijinkan anda untuk terhubung dengan jaringan. Access point akan memberikan alamat IP kepada semua perangkat anda sehingga perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lain  dalam jaringan lokal.



Keuntungan sistem Access point
1. Untuk sistem AP dengan melayani banyak pc tentu lebih mudah pengaturan dan komputer client dapat mengetahui bahwa disuatu ruang ada sebuah hardware atau komputer yang memancarkan signal access point untuk masuk ke dalam sebuah network.
2. Bila menggunakan hardware khusus, maka tidak diperlukan pc berjalan 24c jam untuk melayani network.
3. Ini keuntungan yang terakhir sistem security pada model Access point leboh terjemak.

Kelemahan sistem Access point
1. Jaringan wirelless secara umum dapat dibagi menjadi 2 yakni kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi yang diguanakn WEP.

B. Kesimpulan
Access point adalah node yang telah dikonfigurasi secara khusus pada sebuah WLAN. Access point bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN.


Referensi dan daftar pustaka :
https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-access-point/
https://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2017/10/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html

Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar