Jumat, 29 Desember 2017

LINUX

A. Pendahuluan
      Assalamualaikum wr. wb.
Hari ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Linux.

 
Image result for linux


1. Pengertian
      Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.[2]

2. Latar Belakang
     Pada saat ini hampir semua orang yang sudah menggunakan system operasi windows sebagai system operasi computer mereka. Hampir semua orang sudah tahu tentang system operasi windows, cara instalasinya, aplikasinya dan lain-lain.
Tetapi bagaimanak dengan system operasi linux?, mungkin sudah mengenal linux bahkan mampu untuk membuat system operasi yang serupa dengan linux. Tetapi bagaimanakah dengan masyarakat di Negara-negara berkembang seperti Indonesia?
Memang tidak bias dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang gagap teknologi, hanya sebagian kecil saja yang memiliki wawasan yang luas dalam bidang IT.

3. Maksud dan Tujuan
   Mengetahui apa Linux, perbedaan dengan windows. Mengetahui perinth dasar Linux dan file systemnya.

4. Hasil yang di Dapatkan
      Bisa memahami tentang Linux dan bisa menginstall Linux.

B. Alat dan Bahan
      laptop/komputer

C. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
       Untuk menginstal Linux membutuhkan waktu cukup lama.

D. Uraian Kegiatan
     

Instalasi Linux Mint 18

Tahap pertama, kamu harus mementukan bahasa apa yang akan dipakai pada saat menginstall sistem, pada dasarnya bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris.
Tahap kedua, kamu akan disuguhkan pilihan apakah akan menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak, jika memang tidak ada koneksi internet tidak dilakukan juga tidak masalah.
Tahap ketiga adalah memilih tipe instalasi, disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman. Ada banyak tipe instalasi. biasanya menggunakan pilihan something else untuk melakukan dual booting.
Tahap keempat adalah pembuatan partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis instalasi sistem operasi, disarankan didampingi orang yang berpengalaman.
Tahap kelima adalah memilih lokasi kamu berada.
Tahap keenam adalah menentukan jenis keyboard yang dipakai, sebaiknya diabaikan saja dan menggunakan standar jenis keyboard english (US).
Tahap ketujuh adalah mengisi informasi tentang user, isikan nama pengguna dan juga password. Untuk password sendiri jangan dikosongkan, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat penginstalan aplikasi atau update sistem yang membutuhkan hak akses dan dimintai password.
Terakhir adalah menunggu proses instalasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screen instalasi. jika sudah restartkomputer dan nikmati sistem operasi Linux Mint 18.
E. Kesimpulan
Linux atau GNU/Linux adalah system operasi bebas yang sangat popular untuk computer yang disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General public license (GPL), yang berarti source code Linux juga tersedia bagi public.
 Linux memiliki banyak kelebihan dibanding system operasi windows diantaranya : mudah didapat dan gratis, mudah digunakan, tidak mudah dijangkiti virus atau bisa dikatakan bebas dari virus. Aplikasi – aplikasi dapat diperoleh dengan mudah dan gratis. Hampir semua aplikasi windows sudah tersedia di Linux, system operasi Linux relatif stabil atau bisa dikatakantidak mengenal istilah “hang”.

Referensi dan Daftar Pusaka:
·    https://id.wikipedia.org/wiki/Linux
n  www.yasid.net/2011/10/makalah-sistemoperasi-linux-oleh.html
h  https://linux.tutorials.id/cara-install-ubuntu-16-04/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar