Rabu, 27 Desember 2017

Pembahasan sinyal analog dan digital

A. Pendahuluan

1. Pengertian
     Sinyal analog / Isyarat Analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog.
      Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.Teknologi Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau/noise, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Sinyal Digital juga biasanya disebut juga Sinyal Diskret. 

2. Latar Belakang
      Secara umum, sinyal di definisikan sebagai suatu besaran fisis yang merupakan fungsi waktu, ruangan atau beberapa variabel. Dalam bidang telekomunikasi, perbedaan telepon analog dan digital bukan berdasarkan jenis perawatan teleponnya, namun kepada sistem di sentral teleponnya, walaupun untuk mendukung sistem sentral yanga digital di perlukan pesawat khusus.

3. Maksud dan Tujuan
       Agar mengerti tentang sinyal analog dan sinyal digital.

B. Alat dan Bahan
      -Laptop

C. Jangka waktu pelaksanaan
       Pukul 08:00, istirahat pukul 12:00 masuk pukul 13:00-16:00

D. Hasil yang di dapatkan
       Bisa memahami dan mengerti tentang sinyal analog dan sinyal digital.

E. Kesimpulan
      Sistem analog dan sistem digital sering di gunakan oleh seseorang baik dalam dunia teknologi maupun sosial. Seperti analog adlh sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki olehn isyarat analog adalah amplitudo dan frekuensi. Sedangkan digital sering juga disebut  dengan diskrit. Sinyal ini tersusun atas dua keadaan yang di kenal dengan bityaitu keadaan 0 dan keadaan 1.
Image result for sinyal analog dan digital



Referensi dan daftar pusaka
https://ivangalactica.wordpress.com/2012/04/15/pengertian-sinyal-analog-dan-digital/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar