Kamis, 28 Desember 2017

Topologi Jaringan

A. Pendahuluan
       Assalamu'alaikum wr. wb
Di blog saya kali ini saya akan menjelaskan tentang Topologi Jaringan.




Image result for topologi jaringan

1. Pengertian
      Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu nodelink, dan station

2. Latar Belakang
       Untuk PC stand alone, program aplikasi harus dimuat ke masing-masing PC, dan prosesnya harus berpindah-pindah PC. Untuk meningkatkan efisiensi dan meminimalisir waktu yang dibutuhkan maka diciptakan suatu jaringan yang saat ini dikenal dengan nama jaringan komputer. Jaringan ini disusun berdasarkan beberapa metode yang dikenal dengan topologi jaringan. Diantaranya ada yang dikenal dengan star network atau jaringan bintang dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Maksud dan Tujuan
      Menghubungkan jaringan-jaringan yang telah ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi dapat di transfer dari satu lokasi yang lain

B. Alat dan Bahan
      Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan adalah sebagai berikut :
     - Tang Crimping 
     - Connector RJ-45
     - Lan Card/modem
     - Tester 
     - Switch/hub
     - Sambungan ke Internet

C. Jangka Waktu Kegiatan Pelaksanaan Kegiatan
        Pukul 08:00-12:00, 13:00-16:00

D. Uraian Kegiatan
       
  1. Jaringan Broadcast Jaringan ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer atau mesin yang terhubung pada jaringan ini secara bersama-sama.

E. Hasil yang di dapatkan
       Dimungkinkannya transfer file yang lebih cepat, mudah, dan efisien. Dimungkinkannya pengembangan keamanan lebih lanjut untuk jaringan lokal lainnya.

F. Kesimpulan
      Sebuah jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang terhubung satu sama lain secara elektronik. Ini berarti bahwa komputer dapat " berbicara " satu sama lain dan bahwa setiap komputer di jaringan dapat mengirimkan informasi kepada orang lain. Biasanya ini berarti bahwa kecepatan koneksi cepat, lebih cepat daripada koneksi normal ke internet.


Referensi dan Daftar Pusaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Topologi_jaringan
sharingfellas.blogspot.com/.../makalah-topologi-jaringan-komputer...
knowledgerobby.blogspot.com/.../pengertian-tujuan-dan-macam-m..

Share:

0 komentar:

Posting Komentar