Jumat, 23 Februari 2018

FreeBSD

 Image result for freebsd




A. Pendahuluan
    Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis sedikit tentang FreeBSD.

1. Pengertian
    FreeBSD adalah sebuah sistem oprasi bertipe unix bebas yang di turunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Ditribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite.

2. Latar Belakang
    FreeBSD adalah salah satu pilihan untuk suatu sistem operasi gratis yang cukup mumpuni untuk dipertimbangkan baik digunakan sebagai server maupun desktop.

3. Maksud dan Tujuan
    Mengetahui dan memahami tentang FreeBSD.

B. Alat dan Bahan
   -Laptop

C. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
    -

D. Uraian Kegiatan
    BSD (Barkeley Software Distributon) merupakan nama distrisbusi source code yang berasal dari Universitas California Barceley, yang berasal dari pengembangan UNIX AT&T Research. FreeBSD dengan semboyan the power to server, distro ini di desain agar memiliki performansi tinggi dan mudah dipakai oleh end user.

Kelebihan BSD
1. Virus/Spyware yang menyerang sedikit.
2. Banyak tersedia aplikasi dn program gratis.
3. Multiuser.
4. Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudhan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi.
5. Secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port ydan package untuk memudahkan install software laindisertai firewall.
6. Sistem stabill pada database.

Kekurangan BSD
1. Relatif sulit penggunaannya, karen masih text base dalm meng-command.
2. FreeBSD tidak dapat digunakan pada mikro karnal lam PC IBM
3. Kecilnya basis developer dan pemakai yang mencari kelemahan program.

FreeBSD memiliki kesamaan dengn linux, dengan dua perbedaan utma dalam cakupan dan perizinan. FreeBSD mengelola sistem operasi yang lengkap, yaitu proyek memberikan kernel, driver perangkat, utilitas pengguna dan dokumentasiyang bertentangan dengan linux yang hnya menyediakan kernel dan driver dan mengandalkan ketiga-party untuk perangkat lunak sistem.

E. Kesimpulan
    FreeBSD adalah sistem operasi tingkat lanjut yang kompatibel. FreeBSD dikembangkan dan dipelihara oleh sebuah tim yang terdiri dari individu-individu. Operating sistem ini dinamakan FreeBSD karena software ini gratis untuk digunakan oleh siapapun termasuk untuk kepentingan komersial, source code yang tersedia dengan gratis.

Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar