Senin, 05 Februari 2018

Tranning Cisco Capther 7

A. Pendahuluan
    Assalamu'alaikum wr. wb
Di blog saya kali ini akan menulis Tranning Cisco Capther  7


1. Pengertian
    Keamanan Jaringan (Network Security) dalam jaringan komputer sangat penting dilakukan untuk memonitor akses jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah. Tugas Keamanan Jaringan dikontrol oleh administrator jaringan.

2. Latar belakang
    Jaringan komputer selain memiliki banyak kelebihan yang dapat mempermudah pekerjaan, juga memiliki ancaman yang dapat mengganggu jalannya rus data yang menghubungkan satu komputer dengan komputer linyang terhubung pada jaringan tersebut. Ancaman yang dapat menyerang jaringan komputer bisa dari masalah internal maupun eksternal. Masalah internal dapat berupa gangguan system yang mendukung jaringan komputer itu sendiri sedangkan masalah eksternal yang dapat menjadi ancaman atau gangguan pada jaringan komputer dapat berupa faktor alam, manusia, hewan dan semacamnya.

3. Maksud dan tujuan
     Bisa memahami dan mengerti Keamanan untuk Jaringan.

B. Alat dan bahan
    - Laptop

C. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
     -

D. Uraian kegiatan





1. Hacker dan Penyusup
   Apa yang mereka inginkan?
- information theft:
- Identity theft, atau pencurian identitas merupakan suatu bentuk dari kecurangan di dalam dunia IT dimana seseorang berpura-pura menjadi orang lain dengan berbekal indentitas orang tersebut, biasanya ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh akses atau mengambil alih kartu kredit dan keuntungan lainnya dari orang tersebut.
- Data loss/manupulation, kumpulan perinth query yng digunkan untuk memanipulasi data dalam tabel, seperti menambah, merubah atau menghapus data.
-Disruption of service, jenis serangan terhadap sebuah komputer di dalam jaringan internet dengan cara nenghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.
Mereka berasal dari mana?
-Ancaman eksternal muncul dari individu yang bekerja di luar organisasi.
-Ancaman internal terjadi bila sesorang memiliki akses yang sah ke jaringan melalui akun pengguna atau memiliki akses fisik ke peralatan jaringan.

Social Engineering Attacks
Social Engineering, dalam konteks keamanan komputer jaringan, rekayasa sosial mengacu pada kumpulan teknik yang digunakan untuk menipu penggun internal agar melakukan tindakan tertentu atau mengungkapkan informasi rahasia.
Jenis dari Social Engineering:
-Pretexting,
-Phising,
-Vishing,

Tipe penyerangan lainnya
Software berbahaya dapat merusak sistem, menghancurkan data, serta menganggu akses jaringan, sistem, atau layanan lainnya.
-virus, program menyebar deengn memodifikasi program atau file lain.
-worms, worms mirip dengan vrius namun penyebarannya lewat jaringan.
-trojan horse, merupakan aplikasi tiruan yang isinya tool/kode serngan.

Jenis Malware lainnya:
- Spyware, progrm yang mengumpulkan informasi pribadi dari komputer tanpa seizin atau sepengetahuan. Informasi ini di kirim ke pengiklan atau orang  lain di internet dan bisa memasukan kata sandi dan nomor rekening.
- Adware, bentuk spyware yang di gunakan untuk mengumulkan informasi tentang pengguna berdasarkan situs yang di kunjungi pengguna. Informasi itu kemudian di gunakan untuk iklan bertarget.\
- Zombies, komputer master yang berfungsi mengcontrol semua botnet.
- Botnet, kumpulan komputer yang terinfeksi "bot"


Cara melindungi jaringan:
- Security Practices, prosedur keamanan dapat berkisar dari tugas sederhanan dan murah seperti mempertahankan rilis software, hingga implementasi firewall dan sistem deteksi yang kompleks.
- Security Tool, banyak alat tersedia bagi pengun jaringan untuk melindungi perangkat dari serangan dan untuk membantu menghapus perangkat lunak berbahaya dari mesin yang terinfeksi.

Antivirus Software:
1. Deteksi infeksi, setiap perngkat yang terhubung ke jaringan rentan terhadap virus worm dan trojan horse. Jadi bagaimana Anda tahu jika komputer anda telah terinfeksi?
- Komputer mulai bereaksi secara tidak normal.
- Program tidak merespon mouse dan penekanan tombol.
- Program dimulai atau di matikan dengan sendirinya.
- Program email mulai mengirmikan email dnegan jumlah besar.
- Penggunaan CPU sangat tinggi.
- Ada yang tidak teridentifikasi,atau sejumlah besar proses berjalan .
- KOmputer melambat secara signifikan atau macet.
2. Antivirus Software, bergantung pada "tanda tangan virus" yang di ketahui untuk menemukan dan memecah virus baru menginfeksi komputer.
3. Antispam Software, melindungi host dengan mengientifikasi spam dan melakukan tindakan, seperti menempatkannnya ke folder sampah atau menghapusnya.
4. Safeguard, sebelum meneruskan ke email peringatan virus, periksa pengirim yang terpercaya untuk mengetahui apakah virus tersebut tipuan.

Firewall Basic
-Apa itu Firewall?
Firewall mencegah lalu lintas yang tidak di inginkan memasuki kawasan lindung jaringan. Firewall biasanya dipasang diantara dua atau lebih jaringan dan menegndalikan lalu lintas diantara keduanya  dan juga membantu mencegah akses yang tidak sah. (permit dan deny).
Firewall dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak. Firewall mungkinn juga perangkat keras. Firewall perangkat keras adalah unit yang berdiri bebas.
- Dmz (demilitarized zone)
Dalam jarinagn komputer DMZ mengacu pada area jaringan yang dapat diakses oleh pengguna internal maupun eksternal.
Dengan router nirkabel, DMZ sederhana dapat diatur yang memungkinkan server intenal diakses oleh host dari luar.
Roter nirkabel mengisolasi lali lintas yang ditujukan ke alamat IP yang statik.

Port forwading, merupakan port yang di buka sepanjang waktu dan memerlukan ip static. contoh ketika kalin akses: webserver lokal yang membuka port misl 80, ketika mau akses ke server harus mengetikkan ip address dan port server yang di bukanya sepanjang waktu,

Port triggering, merupakan port yang di buka sementara, dan port triger tidak memerlukan yang namanya ip address, dan basanya koneksi yang menggunakan port trigerring itu client yang membuka banyak konesi internet.


E. Kesimpulan
   - Jaringan komputer internet yang sifatnya publik dan global pada dasarnya kurang aman.
- Selain teknologi yang berguna untuk menjaga keamanan jaringan internet, faktor orang, dalam hal ini pengguna jaringan internet harus mempunyai etika berinternet yang baik


Referensi dan daftar pusaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Keamanan_jaringan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar