Jumat, 09 Februari 2018

Penjelasan sedikit tentang Firewall

A. Pendahuluan
    Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis sedikit tentang Firewall

1. Pengertian
     Firewall adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak di inginkan dari atau ke dalam suatu jaringan.

2. Latar Belakang
     Firewall adalah sistem atau perangkat yang memberi otonisasi pada lalu lintas yang di anggapnya aman untuk mellauinya dn melakukan pencegahan terhadap jaringan yang dianggap aman. Firewall dapat berupa perangkat lunak (program komputer/aplikasi) atau perangkat keras (peralatan khusus untuk menjalankan program firewall) perangkat yang menyaring lalu lintas jaringan anatar jaringan.

3. Maksud dan Tujuan
     Memahami dan mengerti tentang Firewall

B. Alat dan Bahan
    -Laptop

C. Jangka waktu pelaksanaan Kegiatan
    -

D. Uraian Kegiatan
    Firewall adalah suatu mekanisme untuk melindungi keamanan jaringan komputer dengan menyaring paket data yang keluar dan masuk di jaringan.
Firewall bekerja dengan cara melacak dan mngendalikan jalannnya data serta memutuskan aksi untuk melewatkan, menjatuhkan , menolak , mengenkripsi atau melakukan pencatatan aktivitas data.
Firewall di gunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar.

Cara Kerja Firewall :
1.Menolak dan membaket dalokir paket data yang datang berdasarkan suber dan tujuan yang tidak di inginkan.
2. Menolak dan menyaring paket data berdasarkan konten yang tidak di inginkan.
3. Menolak dan menyaring paket data yang berasal dari jaringan internal ke internet.
4. Memiliki kemampuan melindungi komputer dari serangan berbahaya yang berasal dari intenet.

Krakteristik Firewall :
1. Firewall harus lebih kuat dan kebal terhadap serangan luar.
2. Hanya aktivitas atau kegiatan yang dikenal terdaftar saja yang dapat melewati atau atau melakukan hubungan
3. Semua aktivitas atau kegiatan dari dalam ke luarharus melewati firewall. Hal ini dilakukan dengan membatasi atau memblok semua akses terhadap jaringan local, kecuali jika melewati firewall terlebih dahulu.

Ada dua jenis karakteristik Firewall :
1. Personal Firewall, merupakan firewall yang digunakan oleh individu atau pribadi untuk membentengi komputer PC ataupun notebook dari serangan serangan berbahaya yng datang dari luar (biasanya internet). Personal Firewall biasanya berbentuk software yang sudah terbundel dalam sebuah sistem operasi yang di gunakan, bisa juga berupa software yang harus di install terlebih dahulu seperti misalnnya anti virus.
2. Network Firewall, khusus di fungsikan pada sebuah jaringan komputer untuk keamanan jaringan.

E. Kesimpulan
    Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat lunak yang di dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya.

Sekian, wasalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar