Sabtu, 17 Februari 2018

Perbedaan Wireless, Wi-Fi dan Hotspot

 A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
    Di dunia teknologi internet sekarang ini, wireless, hotspot dan wi-fi merupakan terminologi yang tak bisa lepas dari perbincangan sehari hari. Mengutip dari beberapa sumber,di blog saya kali ini akan menulis tentang perbedaan wireless, hotspot, dan wi-fi.

Pengertian

1.Wireless, pada dasarnya wireless berarti 'tanpa kabel' atau jug 'nirkabel', sehingga perangkat elektronik apa saja yang terhubung satu sama lain tanpa menggunakan kabel dpat di sebut dengan wireless. Seperti misalnya Bluetooth. Wireless di definisikan sebagai sebuah jaringan tanpa kabel yang menggunakan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik. Untuk jaringan internet pada komputer, wireless secara spesifik diistilahkan sebagai wireless LAN (WLAN).

2. Wi-Fi, singkatan dari Wireless Fidelity merupakan aliansi kelompok industri untuk membentuk standar intetroprabilitas antar perangkat WLAN agar setiap perangkat yang telah disertifikasi Wi-Fi akan saling terhubung meskipun berbeda vendor atau merk. Tanpa Wi-Fi ini sering terlihat di area-area yang memang mendukung koneksi internet berbasis WLAN (Wireless LAN). Secara aris besar, Wi-Fi lebih dikenal karena lebih sering di gunakan.
Wi-Fi yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless LOcal rea Network- WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan jaringan area lokal (LAN) namun saat ini labih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot)terdekat.

3. Hotspot, merupakan gambaran dari area atau lingkup tertentu yang terjangkau oleh frekuensi jaringan WLAN/Wi-Fi sehingga orang dapat melakukan jaringan melalui perangkat yang memiliki teknologi Wi-Fi sperti Smartphone, komputer, laptop dan lain sebagainya. Hotspot dapat diaplikasikan mulai dari area rumah hingga perkntoran dan area pubik yang cukup luas.


Kesimpulan

Perbedaan antara Wi-Fi dan Hotspot adlah Wi-Fi itu jaringan untuk koneksi internet tanpa kabel (wireless), sedangkan hotspot itu adalah titik akses Wi-Fi. Keduanya tidak bisa dipisahkhkan dan terkait satu sama lain.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar