Kamis, 18 Januari 2018

Domain Name System ( DNS )

A. Pendahuluan
    Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis sedikit tentang DNS.

1. Pengertian
     DNS ( Domain Name System ) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasin  tentang host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar ( distributed database ) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet, Domain Name System ini merupakan sistem penamaan hirarkis yang nantinya di distrbusikan untuk suatu komputer, jasa, atau sumber daya terhubung ke internet maupun jaringan pribadi.

2. Latar belakang
    Perkembangan bidang telekomunikasi saat ini memungkinkan semua bidang kehidupan manusia dapatut semakin ringan dengan bantuan komputer. Demikian halna dengan pengelolaan informasi di sebuah sekolah yang dapat di akses darimana saja dengan menggunakan internet.
    Salah satunya Domain Name System ( DNS ) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tesebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalnya: internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap tranmisi surat (mail exchange server) yang menrima surel ( email ) untuk setiap domain.

3. Maksud dan tujuan
     Mengerti dan paham tentang DNS

B. Alat dan bahan
     - Laptop
     - Koneksi internet.

C. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
     -

D. Uraian kegiatan
     Keunggulan DNS :
- Mudah, DNS sangat mudsh karena user tidak lagi di repotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name ( nama komputer ).
- Konsisten, IP address sebuah komputer bisa saja berubah, tapi host name tidak harus berubah.jar
- Simple, user hanya menggunakna satu name untuk mencari nama domain baik di internet maupun intranet, meskipun ada banyak mirror server yang di gunakan.

Kekurangan DNS :
- DNS tidak mudah untuk di implemenrasikan.
- User tidak dapat menggunakan banyak nama untuk mencari nama domain baik di internet maupun di intranet.
- Tidak bisa membuat banyak nama domain.

Fungsi DNS:
- Menerjamahkan nama-nama host ( hostname) menjadi nomor IP ( IP Address ) atau sebaliknya sehingga nama tersebut mudah diingat oleh pengguna internet.
- Memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet.

Sebelum mengetahui cara kerja DNS, perlu diketahui bahwa pengeloal DNS terdiri dari beberapa komponen yaitu:
- DNS resolver: adalah client yang merupakan komputer pengguna, pihak yang membuat permintaan DNS dari suatu program aplikasi.
- Recursive DNS server: adalah pihak yang melakukan pencarian melalui DNS berdasarkan permintaan resolver, kemudian memberiakn jawaban pada resolver tersebut.
- Authoritative DNS server, pihak yang meberikan respon setelah recursive melakukan pencarian. Respon dapat berupa sebuah jawaban maupun delegasi ke DNS server lainnya.

Untuk menjalankan tugasnya, server DNS memerlukan program client yang bernama resolver untuk menghubungkan setiap komputer user dengan server DNS. Program resolver yang dimaksud adalah web browser dan mail client. Jadi, untuk terhubung ke server DNS, Kita perlu menginstall web broser atau mail client pada komputer/laptop kita.

Cara kerja DNS server adalah :
1. DNS resolver melakukan pencarian alamat host pada file HOSTS. JIka alamat host yang dicari sudah di temukan dan di beriksn, maka proses selesai.
2. DNS resolver melakuakn pencarian pada data cache yang sudah di buat oleh resolver untuk menyimpan hasil permintaan sebelumnya.Bila ada, kemudian disimpan dalam data cache lalu hasilnya di berikan dan selasai.
3. DNS resolver mencari alamat server DNS pertama yang telah di tentukan oleh user.
- Server DNS yang di tunjuk akan mencari nama domain pada cachenya.
- Apabila tidak ketemu, pencarian dilakukan dnegan melihat file database (zones) yang dimiliki oleh server.
- Apabila tetap tidak menemukan, maka server ini akan menghubungi server DNS lain yang sudah dikaitkan dengan serveer ini. Jiak ketemu simpan dalam cache dan berikan hasilnya.

- Apabila pada Server DNS pertama tidak di temukan pencarian di lanjutkan pada server DNS kedua dan sterusny dengan proses yang sama seperti diatas.


E. Kesimpulan
     DNS adalah hasil pengembangan dari metode pencarian name terhahadap IP address di internet. DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke internet seperti web browser atau email, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Pada DNS client ( resolver ) mengirimkan queries ke name server ( DNS ). Name server akan menerima permintaan dan pengelompokan secara hirarki yang terbagi atas root-level domains, top-level domains, second-level domains, dan host names.


Referensi dan daftar pusaka :
https://4lrb.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-fungsi-dan-manfaat-dns.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar