Selasa, 02 Januari 2018

Sistem Operasi



 Image result for sistem operasi




A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Sistem Operasi

1. Pengertian
Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

2. Latar belakang
Memahami Sistem Operasi

3. Maksud dan tujuan
Memahami apa itu sistem operasi serta macam-macam nya.

B. Alat dan bahan
  • Laptop
  • Koneksi internet

C. Jangka waktu pelaksanaan
Tergantung pemahaman

D. Uraian kegiatan
Secara umum, system operasi adalahsoftware pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.


Bagian-Bagian Sistem Operasi
1. Mekanisme Boot ialah meletakkan suatu kernel ke dalam memori
2. Kernel yaitu suatu inti dari sistem operasi
3. Command Interpreter atau shell memiliki tugas untuk membaca input dari pengguna
4. Pustaka-pustaka yang bertugas untuk menyediakan fungsi-fungsi dasar serta standar yang dpat untuk dipanggil oleh software lain
5. Driver yang berguna untuk melakukan interaksi dengan hardware-hardware eksternal lainnya dan sekaligus untuk mengontrol hardware tersebut.

Fungsi Sistem Operasi
Fungsi sistem operasi pada umumnya yaitu sebagai jembatan atau penghubung antara lapisan software dengan lapisan hardware serta berfungsi untuk menjalankan berbagai macam perintah penting yang ada dalam komputer. Untuk lebih jelasnya berikut fungsi sistem operasi :
1, Bertindak sebagai koordinator yang memberikan fasilitas agar segala aktivitas yang sifatnya kompleks dapat dikerjakan dengan urutan yang benar.
2. Bertindak sebagai pengawal yang berperan untuk memegang kendali proses duna melindungi file-file serta untuk memberi batasan terhadap penulisan , pembacaan, eksekusi data dan program.
3. Bertindak sebagai penjaga gerbang yang berperan mengawasi siapa saja yang dapat atau diperbolehkan masuk ke dalam sistem operasi komputer tersebut.
4. Bertindak sebagai pengoptimal yang membuat jadwal atau beberapa masukan dari si pengguna, komputasi, akses basis data, keluaran, dan sebagainya guna meningkatkan kinerja sistem tersebut.
5. Bertindak sebagai akuntan yang akan menjaga pewaktu mengenai CPU untuk tetap berada di jalur yang benar, operasiI/O, penggunaan memori, penyimpanan pada disk, dan sebagainya.
6. Bertindak sebagai server yang akan memberikan pelayanan yang diperlukan oleh user atau pengguna, contohnya restrukturisasi direktori file.


Jenis-jenis  Sistem Operasi




Image result for sistem operasi

1. Windows, adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan GUI atau tampilan antarmuka bergrafis. OS ini sudah banyak sekali digunakan  oleh user sejak lama. Windows pertama kali masih dalam jenis Ms-Dos (Microsoft Disk OperatingSystem) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter.



 Image result for sistem operasi





2. Linux, merupakan kliningan dari MINIX (Salah satu varin UNIX). Sistem operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Redhat Linux, Ubuntu.


Image result for sistem operasi macintosh




3. Mancitosh, Sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computerkhusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel (tidak harmonis untuk digunakan) dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan antarmuka grafis (GUI).


Image result for sistem operasi android





4.Android, sistem operasi yang baru-bru ini muncul dan banyak dipakai oleh orang. Pada dasarnya, Android adalah OS Linux yang dikembangkan dan dibuat untuk aplikasi Mobile atau ponsel. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Android sendiri sudah mengalami banyak perubahan.

E. Kesimpulan
Secara umum, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu melakukan tugas-tugas umum tersebut, karena dapat dlayani dan dilakukan  oleh sistem operasi.


Referensi dan daftar pustaka :
http://woocara.blogspot.co.id/2016/03/pengertian-sistem-operasi-fungsi-contoh.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar