Jumat, 12 Januari 2018

Perbedaan Sistem Operasi dengan Aplikasi

A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Perbedaan Sistem Operasi dengan Aplikasi.

1. Pengertian

Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada koputer mereka, kecuali  program booting. Sistem Operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukkan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebgai perantara antara program alokasi dan perangkat kaeras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu.
Contoh Sistem Operasi :
1. Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista.
2. Produk NOvel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandrive, dll.
3. Produk Apple : Macintosh
4. Produk IBM : DOS, UNIX.


Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampun komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang di inginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan ko sistem operasimputer tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah data, lembar kerja, dan pemutar media.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar