Rabu, 03 Januari 2018

Jaringan Komputer

A. Pendahuluan
      Assalamu'alaikum wr. wb.
Di blog saya kali ini akan menulis tentang Jaringan Komputer.

1. Pengertian
       Jaringan Komputer adalah sistem yang terdiri dari 2 komputer atau lebih yang salinng terhubung satu sama lain sehingga dapat saling bertukar data.

2. Latar Belakang
      Jaringan komputer bukanlah sesutau yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar alur informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda.

3. Maksud dan tujuan
      Tujuan dibangunkannya jaringan komputer adalah agar informasi data yang dibawa pengirim ( Transmitter ) dapat sampai kepada penerima ( receiver ) dengan cepat dan akurat.

4. Hasil yang di Dapatkan
      - Dengan jaringan komputer kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang di sebarluaskan melaui jaringan.
      - Bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat .
      - Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara demgan mudah.
      - Pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.

B. Alat dan Bahan
     - PC ( Personal Computer )
     - Tang Crimping
     - Kabel UTP
     - Koneksi Internet
     - Laptop

C. Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan
       Tergantung keinginan pengguna mempelajari ataupun menggunakan jaringnan komputer.

D. Uraian Kegaiatan
       Jenis-jenis jaringan :
- Jaringan LAN ( Local Area Network ) sebuah jaringan yang di batasi oleh area yang relatif kecil, namun pada umumnya dibatasi oleh suatu area lingkungan seperti sebuah lab atau perkantoran disebuah gedung atau sekolah.
- Jaringan MAN ( Metropolitan Area Network ) sebuah jaringan yang lebih besar daripada sebuah jaringan LAN yaitu misalnya antar suatu wilayah dalam satu propinsi.
- Jaringan WAN ( Wide Area Network ) sebuah jaringan yang mencakup area luas semisal negara bahkan benua.
Juga terdapat topologi jaringan:
Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang dibangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource, biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.




-Topologi Bus, jenis topologi ini menggunakan kabel tunggal seluruh komputer saling berhubungan secara langsung hanya menggunakan satu kabel saja.


-Topologi Ring, jenis topologi ini seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh token. Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan jaringan dan, jika ada maka token akan memberikan data yang di minta oleh titik dan menuju titik berikutnya.
 

- Topologi Star, pada jenis topologi star setiap komputer langsung di hubungkan menggunakan Hub, dimana fungsi dari hub ini adalah sebagai pengatur lalu lintas seluruh komputer yanng terhubung.

 
- Topologi Tree, pada topologi ini merupakan hasil pengembangan dari topologi star dan topologi bus yang terdiri dari kumpulan topologi star yang dihubungkn dari topologi bus.

 
-Topologi Mesh, merupakan rangkaian jaringan yang saling terhubung secara mutlak dimana setiap perangkat komputer akan terhubung secara langsung ke setiap titik perangkat lainnya

E. Kesimpulan
      - Jaringan komputer adalah fasilitas untuk mengakomodasi para pengguna komputer agar dapat saling berhubungan satu sama lain.
      - Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang di desain untuk dapat berbagi sumber daya ( printer, CPU ) berkomunikasi ( Surel, pesan instan ) dan dapat mengakses informasi.
      - Dapat penggunaannya jaringan di klarisifikasikan berdasarkan fungsi tertentu ataupun berdasarkan tempat dan sumber utama pengolahan data.









Referensi dan Daftar Pusaka :



https://www.coursehero.com/file/14152996/jaringan-komputer/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar