Jumat, 19 Januari 2018

TCP/IP


1. Pengertian
     TCP ( Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang di tuju.

2. Latar Belakang
     TCP/IP merupakan protocol standar untuk peoses tukar menukar data anatar komputer (komunikasi) dalam jaringan internet. TCP/IP mengatur standar bagaimana data bisa dikirim dan diterima antar komputer dengan menggunakan jaringan yang ada saat ini yaitu jaringan internet.

3. Maksud dan tujuan
     Memahami TCP/IP

B. Alat dan bahan
     - Laptop

C. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan
     -

D. Uraian Kegiatan
     TCP adalah singkatan dari Transmission Contro Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data. TCP/IP saat ini dipergunakan dalam banyak jaringan komputer lokal (LAN) yang terhubung ke internet, karena memiliki sifat:
1. Merupakan protokol standar yang terbuka, gratis dan di kembangkan terpisah dari perangkat komputer tertentu. Karena itu protokol ini banyak di dukung oleh vendor perangkat keras, sehingga TCP/IP merupakan pemersatu perangkat keras komputer yang beragam merk begitu juga sebagai pemersatu perangkat lunak ang beragam merk sehingga walau memakai perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berlainan, komputer dan komputer lainnya dapat berkomunikasi data melalui internet.
2. Berdiri sendiri dari perangkat keras jaringan apapun, sifat ini memungkinkan TCP/IP bergbung dengan banyak jaringan komputer.
3. Bisa di jadikan alamat sehingga tiap perangkat yang memakai TCP/IP akan memiliki sebuah alamat unik dalam sebuah jaringan komputer lokal, atau dalam jaringan komputer global seperti internet.

Protocol TCP/IP dikembangkan npada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuh protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan dimana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat ip yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di internet.

Ketentuan Kelas Alamat IP
Sebuah alamat IP berisi satu bagian network dan satu bagian host, tetapi formatnya tidak sama pasa setiap alamat IP. Sejumlah bit alamat dipakai disini untuk mengidentifikasi network, dan angka dipakai untuk mengidentifikasi host, dan beragam kelas alamat IP. Alamat IP memiliki tiga kelas utama yaitu kelas A, kelas B, dan kelas C. Ketentuan kelas alamat IP berupa:
- Kelas A : Digunakan untuk jaringan WAN, IP Address nya pada bagian pertama antara 0-127 dan yang merupakan Net ID nya yaitu 1 bagian yang pertama. Subnet Mask nya 255.0.0.0
- Kelas B : Biasanya digunakan untuk jaringan MAN, IP Address nya pada bagian pertama antara 128-191 dan yang merupakan network ID nya yaitu 2 bagian pertama. Subnet Mask nya 255.255.0.0
- Kelas C : Biasanya digunakan untuk jaringan LAN, IP Address nya pada bagian pertama antara 192-223 dan yang merupakan network ID nya aitu 3 bagian pertama. Subnet Mask nya 255.255.255.0

Komputer bisa berkomunikasi satu sama lain
Komputer dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan internet jika komputer tersebut mengikuti jalur komunikasi standar yang di tetapkan. Dalam hal ini adalah TCP/IP yang digunakan sebagai standar protocol pertukaran data dalam jaringan global internet.

E. Kesimpulan
     TCP/IP hanya sebuah aturan dan konsep bagaimana mengolah data dari komputer yang akan dikirim atau di terima oleh komputer menggunkan jaringan internet. Sebelum data dikirim/diterima harus melalui beberapa tahap dan proses secara hardware/software.

Referensi dan daftar pustaka:

 https://id.wikipedia.org/wiki/Suit_protokol_internet


Sekian, wassalamu'alaikum wr. wb.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar